RSS

Methodologi Studi Islam


Nama                        : Mutiah
NIM              : 1101120673
Kelas             : D
Mata Kuliah  : Methodology of Islamic Study
Dosen            : H. Fimeir Liadi, M. Pd.

Agama adalah salah satu sisi kehidupan manusia yang cukup menarik untuk dipelajari. Agama dapat dipelajari dari berbagai sisi atau sudut pandang. Di sini saya akan mencoba memaparkan agama dari sudut  pandang psikologi.
Psikologi secara bahasa diambil dari bahasa Yunani yaitu psyche = jiwa dan logos = ilmu. Jadi, psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa atau mental. Psikologi atau ilmu jiwa adalah ilmu yang mempelajari jiwa seseorang melalui gejala perilaku yang dapat diamati. Menurut  Zakiah Daradjat, bahwa perilaku seseorang yang nampak lahiriyah terjadi karena dipengaruhi oleh keyakinan yang dianutnya. Ilmu jiwa agama tidak akan mempersoalkan benar tidaknya suatu agama yang dianut seseorang, melainkan yang dipentingkan adalah bagaimana keyakinan agama tersebut terlihat pengaruhnya dalam perilaku penganutnya.
Dengan ilmu jiwa ini seseorang akan mengetahui tingkat keagamaan yang dihayati, dipahami dan diamalkan seseorang. Contohnya tentang sikap beriman dan bertakwa kepada Allah, kita mengenalnya sebagai orang yang saleh. Sebenarnya dengan ilmu ini kita juga akan menemukan cara yang tepat dan cocok untuk menanamkan agama ke dalam jiwa seseorang sesuai dengan tingkatan usianya. Contohnya saat kita ingin menanamkan rasa keimanan kepada anak kecil, tidak mungkin kita menjelaskan dan memaksakan pada anak kecil tersebut dengan pemahaman atau bahasa yang sering digunakan oleh orang dewasa. Tentulah kita akan menyesuai diri dan memberikan penjelasan yang sangat mudah untuk dipahaminya.
Dengan pengetahuan ini maka dapat disusun langkah- langkah baru yang lebih efisien untuk menanamkan ajaran agama, menjelaskan gejala atau sikap keagamaan seseorang, dan mengetahui pengaruh dari ibadah- ibadah dalam agama.

0 komentar:

Posting Komentar