RSS

Materi Speaking (?)


PART I
SPEAKING

 Do you like speaking? Yes i do
Here we are going to give you some expresions for speking English. Keep trying

Asking for help (Meminta bantuan)

1.  Could you please help me ?     (Bisakah kau membantuku ?)

2. Could you help me, please ?     (Bisakah kau membantuku ?)

3.  Help me, please  ! (Informal)    (Tolong Bantu aku !) (tidak resmi / sesama teman)

Respons :

1.  Of  course; yes, of course     (tentu saja; ya, tentu saja)

2.  Certainly; yes, ceertainly     (pasti; ya pasti)

3.  Sure / Ok   (Informal)     (Pasti / baiklah) (tidak resmi / sesama teman)


Offering help (Menawarkan bantuan)

1.  What can I do for you ?     (Apa yang dapat aku lakukan untukmu ?)

2. Respon, misalnya : take me there  (antar aku kesana)

3.  May I help you ?         (Bolehkah aku membantumu ?)    

Respons :

1. Of course; yes, of course

2. Certainly; yes, certainly

3. Ok,,  (informal)

Rejecting help (Menolak bantuan)

# Yes, of course.but …….    (ya, tentu saja. Tetapi …….)

# No, thank     (tidak, terima kasih)

Asking for something (Meminta barang)

# Pass the ……..to me, please !     (tolong berikan ……aku !)

# May I have …..    (bolehkan aku meminta ……..?)

Giving something (Memberi barang)

# Here     (ini dia)

# Here you are (ini dia)

# Here for you     (ini dia / ini untukmu)

# Here, it’s yours     (ini untukmu / ini. Milikmu)

Asking for permission (meminta ijin)


# May I ………?    (bolehkah aku …….?)

# Can I ..?    (informal)    (bolehkan aku ……?) (tidak resmi / sesama teman)

Giving permission (Memberi ijin)

# Yes, please do     (ya, silahkan)

# Ok    (informal)     (Oke) (tidak resmi / sesama teman)

# Sure    (informal)     (pasti) (tidak resmi / sesama teman)

Rejecting permission (tidak memberi ijin)

# Yes, but wait a minutes     (ya, tapi tunggu sebentar)

# No way         (tidak boleh / jangan)

Asking for clarification (meminta kejelasan)


# Pardon ?         (apa ?)

# Sorry ?         (maaf ?)

Greeting(memberi salam / sapaan orang yang baru dikenal / baru ketemu)

# How do you do ?

Respons (Jawaban) : How do you do

Note (Catatan) :

“How do you do” bukan berarti bagaimana kabarmu, tetapi hanya digunakan sebagai sapaan, makanya jawabnya juga “How do you do”, bukan “ I am fine (saya baik – baik saja)”


Greeting(memberi salam / sapaan orang yang sudah dikenal)

# Good morning, Mom

# Good afternoon, Mom

# Good night

# Hi..!     (Informal)

# Hello    (Informal)

Note (catatan) : Responnya sama dengan sapaannya

Salam Perpisahan
:

# Good bye

# Bye     (informal)

# See you

Note (catatan) : Responnya sama dengan sapaannya

Polite request with Would you (Kesantunan)

# Would you …………..    (maukah kau ……….?)

# Could you ……………..    (bisakah kau ……….?)

Respons (jawaban)

# Of course; yes, of course     (tentu; ya tentu saja)

# Certainly; yes, certainly     (pasti; ya pasti)

# Sure     (informal)    (pasti) (tidak tesmi / sesama teman)

Asking opinion (menanyakan pendapat)


# What do you think of ………?     (Apa pendapatmu tentang ………?)

# Do you think …………………?    (Apakah menurutmu ………….?)

# Do you like ………………..?         (Apakah kau suka …………..?)

Giving opinion (memberikan pendapat)

# I think ……………………..        (saya pikir……… / menurut saya ……)

Giving suggestion (memberikan usulan)

# What about papaya ?         (bagaimana kalau papaya ?)

Polite request with do you mind (kesantunan untuk menyuruh seseorang)

# Do you mind + Ving ………….?     (apakah kau keberatan ………………..?)

    Example :     Do you mind closing the window to me ?

        (keberatankah anda menutup jendela untukku ?)

0 komentar:

Posting Komentar